Pages

Translate

Selasa, 13 Agustus 2013

Wisdom in Book When God Writes Your Love Story

Haai  mulai  pertengahan Agustus 2015 aku jual buku When God Writes Your Love Story, buku2 terbitan ANDI,PERKANTAS dan GLORIA di instagram dengan hashtag #priskilaolshop44..sms 085642051150   yua...

1. Tentang buku
Judul= When God Writes Your Love Story
Tahun=2010
Penerbit=Gloria Graffa
Jenis buku: Kristiani, inspirasional, kisah nyata tentang cinta
Ini bukunya aku gak beli, tapi pinjem di perpus Gereja. Akhir tahun 2012, bulan Desember kalo ga salah inget.
Eric dan Leslie Ludy membagi buku ini menjadi 5 bagian:
Pertama tentang mendambakan sebuah kisah cinta. Kedua tentang bersiap-siap untuk sebuah kisah cinta. Ketiga tentang menanti sebuah kisah cinta. Keempat tentang mempermanis kisah cinta.Kelima tentang menemukan kisah cinta yang ditulis Allah.
Buku When God Writes Your Love Story menceritakan tentang pengalaman, pergumulan, dan kisah nyata pasangan suami istri Eric dan Leslie Ludy yang menyerahkan pena cinta mereka pada Tuhan. Allah sendiri yang menyatukan mereka dalam pernikahan kudus melalui berbagai proses.Mereka itu lebih memilih nyanyian yang merdu dari Tuhan daripada nyanyian godaan putri duyung. Eric Leslie mengajak para pembaca untuk percaya dan tunduk sepenuhnya pada Sang Pengarang Agung dalam segala aspek hidup, termasuk cinta.
Oya buku ini pernah kutulis rangkumannya di note dan blog kompasiana ku.hehe…

2. Hikmat
a. Menjelaskan masalah single dan courtship pada orang yang tepat
Di buku ini, Eric menjelaskan pada teman2nya dan dia dianggap aneh+direndahkan. Jadi belajar percuma deh dijelaskan kalo orangnya ga ngerti. Kita harus berhikmat, perlu dijelaskan atau tidak. Kalau orangnya tidak dekat dan tidak benar2 peduli, apalagi hanya ingin menghina dan pikirannya sempit ya ga perlu. Kalau dekat dan atau bertumbuh dan benar-benar peduli pada kita secara tulus, itu yang perlu dijelaskan.

b. Jangan terlalu pusing memikirkan pandangan negatif orang lain
Di buku ini tu Eric cerita diadisangka gak normal karena gak kencan dengan cewek2. Apapun pendapat orang tentang ketaatan kita, tidak perlu diambil pusing. Tuhan Yesus tetap memandang kita berharga di mata-Nya. Buktinya Dia rela mengorbankan nyawa-Nya buat menebus dosa-dosa manusia dan orang percaya itu diangkat jadi anak2Nya..

c. Memanfaatkan waktu yang ada untuk mengembangkan diri dan iman selama single
Selama single, ada banyak waktu untuk bisa mengembangkan diri dan iman dibanding waktu udah menikah. Ada keunggulan diri yang dikembangkan sebagai talenta Tuhan. Doa dan mengizinkan Allah memakai masa hidup untuk memuliakan Tuhan dengan memperkuat kualitas diri dan iman, juga berlatih beberapa persiapan praktis.

d. Kalau motivasi kita dalam melakukan sesuatu adalah kasih pada Allah,ada sukacita dan kebahagiaan dalam ketaatan, bahkan ingin melakukan yang lebih lagi bagi-Nya.
Dulunya Leslie kalau taat itu rasanya berat banget karena motivasinya taat pada hukum Tuhan yang wajib. Tuhan mengubah Leslie sehingga dia tu motivasinya jadi mengasihi Tuhan dan semua itu jadi ringan, bahkan rasanya kurang banyak.

e. Menulis-nulis sendiri kisah cinta=gagal. Pena hidup harus diserahkan pada Tuhan spenuhnya.
Eric dan Leslie menceritakan tentang mereka yang dulunya egois dan menulis-nulis kisah cinta mereka sendiri.Hasilnya adalah patah hati, kegagalan, dan kehilangan yang berulang-ulang. Lalu mereka bertobat dan memutuskan memberikan pena hidup mereka pada Allah denganpenuh iman. Keputusan yang sangat penting sebagai awal hidup baru dengan mengizinkan Allah untuk membimbing dan mengubah hidup mereka.

f. Belajar setia sejak dini.
Tidak ganti-ganti pacar, tapi menanti “seseorang” yang benar-benar tulang rusuk yang Tuhan ciptakan untuk kita dengan sabar. Tujuan pengikut Kristus adalah meneladani Kristus dan menunggu seseorang yang telah dibentuk oleh Dia. Jadi harus menerapkan sifat dan karakter Kristus dalam perilaku terhadap lawan jenis. Mengasihi calon pasangan bahkan sebelum bertemu dengan “dia” dengan menjaga kekudusan seksual,hati, emosi, bibir, dan seluruh tubuh. Kesetiaan itu perlu dibentuk, kalau dari sekarang ga setia, setelah menikah mungkin juga ga setia juga. Buku ini meminta untuk menulis surat cinta buat Tuhan dan pasangan hidup cerita tentangkegalauan gitu secara jujur.

g. Memiliki kepuasan sejati dalam Tuhan
Leslie dan Eric itu dulu sering patah hati karena bergantungnya pada cowok/ cewek mereka. Kepuasan sejati itu hanya bisa didapat melalui hubungan intim dengan Tuhan Yesus Kristus saja,pernikahan/pacaran tak akan pernah bisa memuaskan. Manusia kan selalu gak pernah puas. Kata2 keren dari buku ini: “Jika kamu tidak merasa puas jika tidakmeraihnya, kamu pun tidak akan pernah merasa puas meski telah meraihnya.”Bergantung penuh pada Kristus baik saat single maupun kalau sudah punya pasangan itu penting untuk mendapat sukacita dan kepuasan sejati.

h. Cinta itu bukan dunia milik berdua tapi kerjasama tim
Tim terdiri dari keluarga jasmani dan rohani dari cowok dan cewek. Belajar mendoakan siapa saja anggota tim yang bijaksana untuk mempertimbangkan pasangan. Mendoakan kriteria pasangan hidup bersama tim dan terbuka pada mereka. Leslie sudah doa dan punya tim ini sejak 12 tahun lo, keren menurutku. Masih kecil sudah berpikiran jauh. Mendoakan sungguh-sungguh dan memikirkan nasihat dari tim. Tim ini sangat penting untuk mendoakan kita dan kriteria calon pasangan serta memberikan nasihat-nasihat bijak supaya gak jadi cinta buta.

i. Jangan meremehkan dosa
Mohon ampun pada Tuhan, maafkan diri sendiri dan orang lain, bertobat. Jangan meremehkan dosa dan mengulanginya terus karena dosa itu kecil, biasa dilakukan banyak orang, gaul, dan pasti diampuni Tuhan stelah bertobat. Dosa itu melukai hati Tuhan, menjauhkan manusia dari Allah dan menghancurkan diri sendiri+orang lain.

j. Belajar menghargai orang lain walaupun mereka punya banyak kelemahan
Eric dan Leslie membagikan pengalaman mereka belajar tentang cinta sejati dalam keluarga. Keluarga nya Eric kadang buat malu di muka umum sih sampai kadang dia pengen gak mengakui mereka dan pengen terlahir dari keluarga lain. Sampai akhirnya dia menyadari belajar untuk mendampingi orang2 yg buat kita malu adalah karakter Kristus. Kristus aja gak malu berdampingan sama manusia2 berdosa, jadi kita harus meneladani Dia. Keunikan pribadi dan kelembutan itu menghargai orang lain walaupun mereka punya banyak kelemahan. Selalu bergantung pada Tuhan supaya bisa mampu. Kata2 keren daribuku ini:”Belajar mengampuni membutuhkan kerja keras dan banyak air mata. Hal ini membutuhkan tekad dan pertolongan sepenuhnya dari Allah.”

3. Aplikasi yang kuterapkan
Sama seperti note ku yang dulu...Hikmat a diterapkan di aplikasi a....dst scr urut...
a. Belajar mengendalikan emosi dan beri respon yang tepat saat ditanyai mengenai single dan courtship
Dulu itu aku selalu mempertahankan diri sendiri, bela keyakinan dan suka menjelaskan gitu pada semua orang yang mempertanyakan dan atau menghina tentang status single atau komitmen courtship. Pengen dipahami. Habisnya beberapa orang yang tidak dekat dan bertanya itu suka ejek-ejek orang single sih, bilang kalau single itu jelek, gak dewasa,gak laku, pokoknya semua yang negatif-negatif. Jadi gak terima dibilang begitu. Padahal mereka tidak tahu apapun, hanya tahu aku dari luar aja, eh berani2nya bilang gitu.
Yah sejak baca buku ini, aku jadi lebih memaklumi dan tidak bicara terlalu banyak pada orang-orang gak jelas karena percuma kalau menjelaskan panjang lebar sampai mulut berbusa-busa dan habiskan tenaga tapi orangnya ga peduli dan ga mau tahu dan ga didengarkan, apalagi kalau tujuan orang tersebut memang hanya menghina. Menurutku, itu sama saja menjelaskan perumpamaan dan logaritma sama bayi, bayinya gak ngerti, disuruh ngerti juga percuma. Kadang diam atau jawab singkat itu dah cukup. Kadang juga dijawab agak panjang. Kadang jawab sangat panjang buat tmen2 yg sangat dekat sekali dan sama2 bertumbuh. Yang jelas menurutku single itu lebih baik daripada salah pilih berulang kali lalu hidup menderita berulang-ulang.Dari situ, belajar mengendalikan emosi dan beri respon yang tepat saat ditanyai mengenai single dan courtship.

b. Kalau ada yang menghina, tidak terlalu dimasukkan hati lagi tapi aku tetap mensyukuri anugerah di mana aku bisa mengenal Tuhanku secara pribadi dan mengampuni orang2 itu
Mungkin banyak orang mengejek ketaatan itu kuno, terlalu serius, aneh, gak normal, dll, kayak yang terjadi pada Eric. Tapi itu semua tidak lantas membuat kita jadi gak berharga. Dulu akuterlalu peduli pada perkataan orang lain dan sakit hati sendiri. Aku akhirnya memutuskan untuk mengampuni dan tidak terlalu dimasukkan hati lagi, tetap memegang teguh prinsip bahwa harga diri seseorang tidak ditentukan oleh penilaian orang, seberapa banyak kencan/ pacaran, dll. Tapi harga diri itu berharga karena Tuhan Yesus sendiri yang memandangnya demikian. Berharga karena Kristus dan ini kenyataan yang tak dapat diubah oleh siapa pun/apa pun juga.Anugerah di mana aku bisa mengenal Tuhanku secara pribadi dan bersama Dia selamanya jauh lebih penting dibanding pendapat orang lain. Kata Tuhan jauh lebih penting dan benar daripada kata orang.

c. Aku mengikuti banyak seminar rohani, ikut kursus Corel+photoshop+Mandarin+buat accessories, baca bukurohani+buat rangkumannya
Aku memang suka ikut seminar rohani dari dulu, tapi setelah baca buku ini jadi lebih banyak lagi. Aku juga mencatat semuanya supaya tidak lupa, tapi bisa diingat. Terus kubagikan juga supaya bisa memberkati banyak orang.Salah satu seminar parenting yang kuhadiri ada di link ini:http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2013/07/07/pelajaran-dari-seminar-parenting-membentuk-karakter-dan-iman-anak-dalam-tantangan-jaman-575143.html
Aku juga ikut kursus Corel+photoshop+Mandarin+buat aksesoris. Baca buku-buku rohani, mencatat rangkuman dan penerapannya di buku. Semua itu usaha buat mengembangkan karakter,keterampilan, dan iman.

d. Dalam melakukan persekutuan pribadi dengan Bapa, melandaskan motivasi pada kasih akan Tuhan
Parafrase dari buku ini: Kalau bertabrakan secara langsung dengan Allah, Ia pasti merenovasi tiap bagian hidup. Dulu aku saat teduh itu terasa berat sekali dan ga sanggup selama bertahun-tahun setelah percaya karena merasa itu kewajiban. Jadi lebih sering bolongnya. Pada waktu aku benar2 merasakan Tuhan secara langsung, saat teduh berubah jadi dengan landasan kasih pada Tuhan, bukan rutinitas. Aku benar2 rindu pada Tuhan dan merasa Dia benar2 nyata+hidup seperti lagu Tiang Awan Tiang Api dan Lebih dari nafasku. Persekutuan pribadi dengan Tuhan pun jadi prioritas dan ga terpaksa lagi, malah lebih banyak variasinya. Dulu cuma saat teduh, terus nambah jadi Bible reading dan doa syafaat.

e. Menyerahkan semua hidup yang kumiliki pada Tuhan, termasuk pena cintaku
Dulu aku sudah menyerahkan hidup pada Tuhan dan lahir baru, tapi tetep memegang kendali atas pena cinta ini.Persis sama Leslie Ludy. Dia sudah percaya lama banget, tapi atur2 kehidupan cintanya sendiri. Tuhan diminta langsung ACC aja soalnya cowok yang memenuhi kriterianya itu mendekatinya dan menyatakan mau jadi pacarnya, istilahnya maksa gitu dan buat2 standar sendiri. Nah sejak baca ini, aku jadi menyerahkan pena hidupku seutuhnya pada Tuhan, termasuk pena cintaku. Membiarkan Tuhan yang menulis semuanya sesuai cara dan waktu Nya.

f. Menulis surat cinta buat Tuhan dan buat pasangan dan juga doa supaya bisa setia
Aku hidup di tengah teman2 ku yang sudah berpasangan, ada yang mendua hati, mentiga juga. Wadew. Jadi lingkunganku orang2nya kebanyakan ga setia. Setelah baca, jadi doa supaya aku bisa setia.Oya aku gak pernah nulis surat cinta buat Tuhan dan buat pasangan yang belum diketahui identitasnya itu loh. Baru setelah baca buku ini di mana buku ini mengajak pembaca buat menulis semua itu, aku jadi berpikir sambil menulis dan berdoa. Hehe. Mulai mendoakan tulang rusuk masa depan secara berkesinambungan juga setelah baca ini. Sebelumnya gak pernah. Paling pas Pemahaman Alkitab yang membahas pasangan aja doanya. Akhir2 ini menemukan lagu keren di Youtube juga yaitu My Prayer nya Devotion dari temenku, jadi lebih semangat berdoa. :-D

g. Puas dan bersyukur dalam smua keadaan
Dulu itu aku sering berpikir kalau jadian itu pasti bahagia karena punya seseorang sehingga kemana2 bisa bersama-sama seseorang yang selalu melindungi. Setelah baca buku ini, aku sadar kalau kepuasan, sukacita, dan kedamaian sejati hanya bisa didapatkan ketika memiliki hubungan intim dengan Tuhan tiap hari. Buktinya teman2ku yang menikah dan jadian pun masih ada banyak masalah kok dalam hubungan mereka. Memang manusia selalu ada masalah dan ga ada yang sempurna.Hanya Tuhan aja yang bisa memuaskan dan Dia selalu bersamaku+melindungiku  dengan kasih setia-Nya. Sejak itu, tidak takut pada apapun karena punya Tuhan Yang Setia. Jadi single yang benar-benar single (utuh dalam Tuhan), tidak terbagi.
Oya ada satu aplikasi lagi. Setelah menikah, Leslie bentol2+gatal2 digigiti ratusan tungau di tempat tidurnya yang smakin berkembang biak tiap hari karena rumah Eric deket sawah+ada banyak masalah lain. Walau pada mulanya dia sebel, trus akhirnya dia tetep bersyukur karena ada banyak anugrah Tuhan yang lebih banyak dan besar dibanding masalah2nya. Ini ngingetin aku sm kejadian pas aku dan temen2 pemuda Gereja di TW ada puluhan tom cat di kamar tidur+kamar mandi, pertamanya pada ribut2 sih tapi kita juga akhirnya tetep bersyukur dan menikmati persekutuan dalam Tuhan ini ^_^d.

h. Mendoakan tim dan terbuka pada tim
Sebelum baca buku ini, aku kalau punya masalah cinta dan di antara beberapa pilihan tu ya hanya kuceritakan pada sahabatku aja, kadang sama Tuhan juga. Namun setelah baca ini, aku mulai mendoakan siapa saja yang berhikmat dan sudah mengalami pergumulan ini untuk menjadi penasihat dalam hidup cintaku. Akhirnya Tuhan menjawab doaku dan aku meminta beberapa orang jadi tim penasihatku, ada yang sudah menikah, tapi ada juga yang masih single. Hehe. Sejak itu, jika aku dekat dengan beberapa orang, aku cerita pada Tuhan, tim ku ini, dan sahabatku.
Mereka mendoakan kriteriaku dan diriku supaya berhikmat tidak dibutakan cinta. Nasihat mereka pun kupikirkan sungguh2 dan kudoakan supaya tidak salah pilih. Thx ya teman2 yang sudah mau mendoakan dan menjadi tim ku.

i. Tidak kompromi waktu dihasut untuk ikutan tidak murni hanya karena ditanyai terus
Dulu aku sempat kompromi sama Tuhan bagaimana kalau menulis-nulis kisah cinta sendiri. Soalnya aku terpengaruh temenku cowok yang tanya2 beberapa kali padaku tentang jodoh. Menurutnya, tidak rasional kalo menyerahkan semua pada Tuhan dan Dia menentukan smua karena malaikat/ bidadari tidak mungkin tiba2 dijatuhkan untuk temanku itu dari langit jadi dia harus berjuang mendekati cewek2. Wah ngajarin gak murni tu. Harusnya kalau berteman kan murni karena berteman, bukan hanya demi dapatkan hati.
Saat dilema dan agak2 terhasut akibat ditanyai terus-menerus, aku doa dan diingetin Tuhan bahwa meremehkan dosa dengan menuruti keinginan sendiri dan berjalan mengatur-atur hidup sendiri= menyakiti Tuhan+meremehkan pengorbanan Kristus di salib.Meski ada banyak rintangan/ godaan/ ejekan, tapi harus tetap berjuang meninggalkan dosa dan berani melawan arus dunia bersama Allah+ mohon kekuatan dari Nya.
Hasil dari nyatetin seminar Hermeneutika :-D => iman harus lebih besar daripada rasio. Ada hal-hal yang tidak bisa dijelaskan dengan rasio tapi selalu bisa dipercayai dan dijelaskan dengan iman.
Pendapatku nih ya, jauh lebih tidak rasional jika ciptaan mau menulis-nulis sendiri sesuatu yang dia sendiri ga tau kapan mulai dan selesainya. Intinya, manusia ga tau bagaimana dia waktu dibentuk Tuhan dalam janin dan meninggalnya kayak apa juga masih misteri. Karena hanya Sang Pencipta yang tahu dengan pasti dan bisa memandang jauh ke depan, memang sudah sepantasnya manusia menyerahkan pena hidupnya pada Tuhan yang selalu setia. Dia pasti memberikan yang terbaik tepat pada waktu Nya. Nikmati aja hidup dan semua proses yang ada dengan penuh syukur.

j. Belajar mengampuni dan mendoakan keluarga
Kadang keluargaku itu membuatku malu juga dengan beberapa hal konyol. Persis kayak perasaannya Eric, malu di muka umum. Hehe. Sejak baca ini, jadi berjuang untuk mengampuni keluarga lebih lagi dengan cara sering mendoakan mereka. Malah bisa mengubah apa yang biasanya membuatku mau kabur dari situ jadi kesempatan untuk menghargai hal-hal lucu itu.

Inilah hikmat dan penerapanku dari buku When God Writes Your Love Story.
Ayo baca buku ini dan temukan banyak hal berharga yang Tuhan singkapkan di dalamnya!
^_^. GB us…

2 komentar: