Pages

Translate

Kamis, 22 Agustus 2013

Wisdom in BOOK TUHAN MASIH MENULIS CERITA CINTA

Haai  mulai  pertengahan Agustus 2015 aku jual buku TUHAN MASIH MENULIS CERITA CINTA,buku2 terbitan ANDI,PERKANTAS dan GLORIA di instagram dengan hashtag #priskilaolshop44..sms 085642051150   yua...

1. Tentang buku
Judul           : Tuhan Masih Menulis Cerita Cinta
Pengarang: Grace Suryani & Steven Halim
Penerbit      : PT. Gloria Graffa
Tahun: 2010
Jenis buku: Kisah cinta, rohani

Pinjem di Gereja tahun 2012 akhir, mungkin sekitar Desember.
Buku ini souvenir pernikahan Steven dan Grace. Lalu dijualdi pasaran juga. Tujuan Grace nulis buku ini adalah supaya jadi berkat buat sesama,Tuhan itu menulis cerita cinta bukan hanya buat bule2 aja, tapi juga buat semua anak Nya, termasuk Grace dan Steven. mereka juga bisa slalu ingat kisah cinta mereka yg ditulis sendiri oleh Allah dalm buku ini.
Kisah ini menceritakan dari awal sebelum mereka bertemu sampai mereka menikah. Grace itu anak sastra yang suka berbicara, baca dantulis. Steven suka matematika dan komputer. Kisah pertemuan mereka berawal dari dunia maya di mana Grace di Jakarta penasaran sama cowok Singapura yang hobi menulis dan mengutip kata-katanya di internet. Akhirnya email2 an dan komunikasi sampai Tuhan mengkonfirmasi tentang hubungan mereka melalui berbagai hal.


2. Hikmat
a. Orang hidup di dunia ini slalu ada masalah, jadi tidakperlu merasa masalah terlalu berat
Sebelum Grace dan Steven bertemu ada masalah dalam hidup mereka. Ketika Grace hampir jadian sama Steven dan Steven menyatakan perasaan,ada masalah. Waktu Grace dilamar sama Steven, juga ada masalah. Waktu persiapan pesta pernikahan, ada masalah lagi. Stelah menikah juga tetap ada masalah. Orang hidup di dunia ini slalu ada masalah, jadi tidak perlu merasa masalah terlalu berat.

b. Tuhan itu kreatif dan ga bisa dibatasi
Grace dan Steven itu dipertemukan Tuhan melalui cara yangunik, dari internet gitu. Ketemu nya juga ga sering2 banget karena mereka jauh,antara Singapura dan Jakarta. Tuhan itu kreatif dan ga bisa dibatasi oleh ruang dan waktu. Pernikahan mereka tetap langgeng sampai sekarang.

c. Kriteria primer dipegang teguh, tapi jangan fokus padahal-hal sekunder
Grace itu dulunya punya kriteria spesifik mengenai pekerjaandan ciri-ciri fisik pasangannya. Dia melihat Steven tidak sesuai kriteria sekundernya ini. Sempat bergumul, tapi akhirnya Grace berserah pada Tuhan soal kriteria sekunder. Yang penting sudah memenuhi kriteria primer.

d. Doa itu tidak mengubah rencana Tuhan, tapi jadi bisa menghormati keluarga dan mempercayai Dia sepenuhnya
Grace ingin pesta pernikahan yang besar tapi keluarga ingin pesta keluarga yang sederhana saja. Grace doa dan melihat keluarga ga berubah,tetep aja pernikahannya sederhana. Grace lah yang berubah karena doa itu, dia jadi bisa menghormati keluarga dan percaya pada Tuhan sepenuhnya sehingga menuruti keinginan keluarganya dengan rela hati.

e. Hubungan apapun itu selalu membutuhkan Tuhan
Mungkin ada orang yang mengira kalau single milik Tuhan, kalau udah menikah ganti jadi milik suami/ istri. Itu salah besar. Without God, we are nothing. Ini puisi yang ada di buku Tuhan Masih menulis Cerita Cinta, judulnya Marriage TakesThree, karya Beth Stuckwisch/Dicksons.

Marriage takes three to be complete;

It's not enough for two to meet.

They must be united in love

By love's Creator, God above.

Then their love will be firm and strong;

Able to last when things go wrong,

Because they've felt God's love and know

He's always there, He'll never go.
And they have both loved Him in kind

With all the heart and soul and mind

And in that love they've found the way

To love each other every day.

A marriage that follows God's plan

Takes more than a woman and a man.

It needs a oneness that can be

Only from Christ
-Marriage takes three.


f. Apa yang dibaca, dilihat, ditonton, didengar itu mempengaruhi pemikiran orang
Grace suka baca buku2 rohani kayak Passion and Purity, Lady in Waiting, I Kissed Dating Goodbye, When God Writes Your Love Story, Boy MeetsGirl, dll. Buku2 ini mengubah prinsip lamanya. Dia jadi punya prinsip yang benar tentang hubungan. Terus dia jadi punya iman yang semakin kuat dan terinspirasi buat buku rohani tentang kisah cintanya yang ditulis oleh Tuhan. Supaya orang2 sadar bukan hanya Eric Leslie Ludy, Joshua Harris dan Shannon, Jim dan Elisabeth Elliot dari luar negeri aja yang kisah cintanya yang ditulis olehTuhan, tapi Grace dan Steven juga mengalami sendiri.

3. Aplikasi yang kuterapkan
a. Bersyukur dalam segala keadaan
Aku sering tanya sama Tuhan kenapa ada banyak masalah.Kenapa harus banyak, kenapa gak sedikit aja? Why me? Akhirnya melalui buku ini dan buku Pemahaman Alkitab ku juga, aku bisa bersyukur dalam segala keadaan.Meski sulit, aku mencoba menganalisa, Tuhan mau aku belajar apa dari situasi sulit tersebut. Jadi bersyukur Tuhan ternyata mengajarkan banyak hal padaku melalui berbagai hal yang kuhadapi hari lepas hari. Kalau tidak mengalami kesulitan kan jadi ga dewasa dan manja, selalu ingin dimengerti dan bisa stress sendiri kalau tiba2 hadapi masalah besar. 
Aku menganggapnya jadi latihan, siapa tahu di kemudian hari ada masalah yang lebih besar. Yang jelas aku tidak takut hadapi masalah karena Tuhanku jauh lebih besar dari masalah apapun. Bersyukur juga karena Tuhan membentuk karakterku jadi mutiara indah yang berharga di mata Nya dari berbagai gesekan2 perjalanan hidup ini dan aku percaya rencana-Nya buat aku adalah yang terindah.

b. Tidak membatasi Tuhan, Tuhan bisa mempertemukan 2 hati di dunia nyata maupun dunia maya
Dulu aku pernah berpikir, Tuhan itu kalau menyatukan dua hati pasti mempertemukan dengan orang yang ada di lingkungan dan sering bertemu jadibisa saling mengenal gitu. Lah kalau belum pernah ketemu bagaimana bisa mengenal? Aku pun mengamati kisah2 cinta yang ditulis Tuhan yang disaksikan oleh pasangan2 di majalah Pearl dan Set Apart Girl juga di buku ini, banyak pasangan yang bertemu di dunia maya dan LDR an. Grace dan Steven ketemu nya hanya di dunia maya pada awalnya, ketemu langsung nya baru sedikit. Jadi lebih menyadari kalau Tuhan mempertemukan 2 hati itu tidak harus secara langsung didunia nyata. Yang penting adalah komunikasi. Meski Steven dan Grace jarangketemu dan jarak antara mereka jauh antara Singapura-Jakarta, mereka tetap memiliki komunikasi yang berkualitas sehingga tetap bisa saling mengenal satu dengan yang lain. Tuhan Maha Kuasa. Manusia tidak bisa membatasi kuasa Tuhan. Tuhan bisa mempertemukan 2 hati di dunia nyata maupun dunia maya.


c. Tidak fokus lagi pada kriteria sekunderku
Aku sudah buat kriteria PH berdasarkan buku Pemahaman Alkitab ku dan buku2 lain. Pada saat baca buku TMMCC ini, ada 2 cowok yangmendekatiku. Nah mereka berdua itu muka nya mirip F4. Pekerjaan mereka juga jelas. Pelayanan pula. Kriteria2 sekunder lainnya pun udah dipenuhi. Semakin lama, aku semakin mengenal mereka aku menyadari mereka tidak memenuhi salah satu kriteria primerku yang jelas2 tercantum secara terpisah di Kitab Suci. Sempat beberapa hari bergumul dengan ini ,"Kan hanya ga memenuhi satu kriteria primer, tidak banyak2 banget." dan fokus pada kriteria sekunder.  Tuhan mengingatkanku melalui berbagai hal dan buku ini, akhirnya aku tidak fokus lagi pada kriteria sekunderku. Akhirnya aku tidak memilih salah satu pun diantara mereka. Meski banyak yang bilang kesempatan emas tidak datang dua kali. Whatever lah. tidak peduli. Aku memutuskan untuk menyerahkan kriteria2 sekunder dalam tangan Tuhan. Sembari aku komitmen tetap memegang teguh kriteria2 primeritu. Kalau ada yang tidak memenuhi salah satu aja dari kriteria primer, we are just friend forever. Doa dan biarkan Tuhan yang menentukan semua kriteria2 sekunder bisa dipenuhi atau tidak.

d. Doa tidak memaksa Tuhan, tapi berserah pada kehendak-Nya trus makin sering nulis buku jawaban doa
Dulu itu aku kalau doa suka memaksa Tuhan, jadi berharap selalu dikabulkan dan dijawab ya. Namun sudah tidak begitu lagi. Sekarang akumenyadari semuanya itu kedaulatan penuh Allah. Mau dijawab ya, tidak , atau tunggu dulu tu terserah Tuhan. Oya aku juga makin sering menulis buku jawaban doaku dalam buku, ada yang ya, tidak, dan tunggu dulu. Semuanya indah. Memiliki persekutuan dengan Tuhan itu lebih indah daripada jawaban2 doa itu. Jadi tiap ada masalah,aku melihat lagi buku ini. Ratusan jawaban doaku membuktikan kasih setia Tuhan yang tak pernah habis dalam hidupku. Bersyukur sekali aku memiliki Allah yang peduli padaku, dan slalu memberikan yang terbaik bagiku meski kebaikan itu ada yang belum terlihat. Tapi aku yakin semua akan indah pada waktu dan cara-Nya.
e. Melibatkan Tuhan dalam tiap hubungan melalui mendoakan banyak orang
Hubungan apapun itu slalu membutuhkan Tuhan untuk menguatkan dan menolong. Maka dari itulah aku mendoakan keluarga besarku di masa kini,keluarga masa depan yang belum terlihat, kota, bangsa dan negara, dunia, orang2 yg menyebalkan,komunitas2 tercintaku, sahabat2, pemimpin rohani, organisasi, dan lain-lain.Semuanya kudoakan dalam jadwal doa syafaat supaya ada kedamaian, iman,pertobatan dan bisa sama2 memuliakan Tuhan. Aku percaya doaku bisa membawa dampak besar dan pemulihan buat orang2 seperti yang kualami bersama orang2 di seluruh dunia di mana kami sama2 doakan dunia di World Prayer Assembly tahun 2012. Ada kesaksian di WPA itu tentang kuasa doa yg sgt besar. Ada 1 kota di mana kota itu tingkat kriminalitasnya nomor 1 di dunia, setelah didoain oleh penduduk kota jadi sama sekali tidak ada kejahatan di kota itu. Keren. Kalau doa kita sesuai dengan kehendak Tuhan, pasti Tuhan menolong. Percaya sungguh2 pada Tuhan lewat doa dan berjuang aja untuk mencapainya.

f. Tidak menonton film yang bagus tapi ada adegan yang tidak pantas dan tidak mendengarkan lagu sesat/ yang belum dimengerti artinya.Menulis tulisan2 yg memberkati
Penerapanku lagi adalah tidak menonton film yang bagus tapi ada adegan yang tidak pantas. You know what I mean. Aku sebenarnya diajaki nonton film2 box office yang keren dan menembus pasaran. Namun aku menolaknya karena ada adegan yang tidak pantas. Teman2 ada banyak yang bilang itu biasa aja. Di luar negeri memang banyak yang free sex. Malah ada yang membayangkan tentang French kiss juga, capek deh. =.=”. Well, sebiasa apapun itu, aku berusaha menjauhi sumber pencobaan. Terserah sih mau dibilang kuno atau gimana2. Daripada terpengaruh oleh yang ditonton kan bisa berabe. Kan prinsipku, kata Tuhan jauh lebih penting daripada kata manusia. Soalnya ada orang2 yang bunuh orang lain hanya karena sering liat film pembunuhan dan main game tembak2an. Ada juga bapak yang perkosa anaknya hanya karena liat film porno. Ada yang galau karena liat film rebutan pasangan dan dengerin musik patah hati. Yah menurutku lebih baik mencegah daripada mengobati. Bukan berarti ga boleh baca berita. Tapi harus selektif mana yang diikuti jadi prinsip, mana yang harus dibuang jaoh2. Ini penerapan dari buku Pemahaman Alkitab ku juga. Hehe.Oya just wanna share, aku punya 3 tmen. Mereka lagi galau soal cinta. Mereka itu bilang tulisan2ku menguatkan iman mereka dan ga galau lagi. Di sini aku bisa belajar kalau tulisan kita juga bisa mempengaruhi orang lain. aku kan juga terpengaruh tu pengarang2 buku rohani. hehe. Jadi harus hati2 dalam membagikan tulisan, film, buku, dll. Semuanya harus memberkati, termasuk kalo menulis itu ya harusnya tulisan2 yg memberkati,bukannya yang buat frustasi.
Oya aku juga berusaha hati2 ga mendengarkan lagu2 sesat atau lagu asing yg aku ga ngerti jelas makna liriknya.aku punya info penting...ada banyak artis dan penyanyi yg suka menyebarkan okultisme dan kesesatan lewat nyanyian mreka lo...semua demi popularitas dan uang, mereka pengen cepet kaya jadi buat lagu2 yg mengandung kesesatan secara terselubung biar penggemar yg suka lagu2 mereka secara ga langsung memuja setan juga..hati2 teman2...untuk info lengkap, silakan kunjungi http://vigilantcitizen.com/...Situs tsb keren bgt, menguak fakta di balik simbol2 sesat yg mereka gunakan.

Ayo baca buku ini dan temukan apa yang Tuhan singkapkan di dalamnya.
^_^. Semoga memberkati.

6 komentar:

  1. Priskila punya e-booknya ga. klw ada baggiin dong. klw saya baca garis besarnya bagus ceritanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada tu..gmn kalau km beli aja? Aku jualan buku cetaknya...

      Hapus
    2. Dulu saya punya bukunya tapi hilang.. kalau msh ada saya boleh beli?? Pliss dibalas.. trima kasih

      Hapus
    3. Dulu saya punya bukunya tapi hilang.. kalau msh ada saya boleh beli?? Pliss dibalas.. trima kasih

      Hapus