Pages

Translate

Sabtu, 02 November 2013

Temperamen yang Diubahkan

A. Tentang Buku
Judul: Temperamen Yang Diubahkan
pENULIS: Tim Lahaye
Tahun: 1971
Penerbit: YAKIN
Dipinjemi c Rosa, kakak Pemahaman Alkitab ku..bacanya minggu lalu+minggu ini.
Orang itu sering fokusnya pada temperamen, entah yg 2(introvert extrovert) atau yg 4 (sanguin, melankolik, flegmatik, kolerik). Tapi sering lupa temperamen bisa diubah sama Tuhan jika udah percaya.

B. Hikmat:
Memahami berbagai tipe temperamen.
Sanguin tu spontan, tidak malu2, terus terang, egois,memikirkan diri sendiri, sombong, berkemauan lemah, menyangkal, tdk mantap=> dipenuhi Roh jadi mantap, berani, bijaksana, sukacita, rendah hati, suka berdoa, kasih, ramah, setia, sabar, memimpin dgn berhasil, tp masih takut dijauhi jadi dia menghindar dr org2 bukan Yahudi, lalu bertobat sehingga jd dewasa rohani dan lembut, mau memuji org yg sudah menegurnya. Contoh: Petrus

Kolerik tu kejam, berkemauan keras, bermusuhan, puas diri,dinamis, praktis, pemberani, Kontroversial, pny motivasi besar => krn Roh Kudus, berubah jadi damai, murah hati, ramah, lemah lembut, setia, rendah hati,mempengaruhi banyak orang lwt kesaksiannya. Contoh: Paulus.

Melankolik tu berbakat, rela berkorban, rendah diri,kebanyakan alasan, suka marah, depresi, mengasihani diri sendiri, merasa bersalah => dipakai Tuhan untuk tulis2 detail dan bangun scr detail dan perfeksionis,setia.

Yang paling kucermati adalah temperamenku yg paling dominan yaitu flegmatik serta solusinya. Flegmatik itu tenang, santai, efisien, konservatif, dpt diandalkan, introvert, keras kepala, lamban, takut gagal, kurang motivasi (perlu didorong2 dulu gitu).
1. Hati2 = enggan masuk dunia asing dan khawatir
Solusi= harus percaya Allah sepenuhnya.
2. Suka damai
3. Dapat diandalkan karena setia pada prinsip, tapi nasihatnya jangan terlalu hemat dan bangga
4. Pasif jadi nurut2 aja.
Solusi=jangan kompromi prinsip
5. Penakut dan suka byk alasan karena ga mau salah langkah,jadi lama dlm mempertimbangkan
Solusi=ingat kalo alasan2 itu ga memperbaiki rencana Allah
6. Berubah jadi penuh iman
Contoh: Abraham


Cara hidup yg diubahkan:
dipenuhi Roh Kudus, hidup oleh Roh, akui dosa, pelajari firman, tidak mendukakan Roh, tidak takut/ khawatir.

C. Penerapan:
1. Menyelidiki tipe temperamenku yg paling mencolok. Menurutbuku ini, kita harus memahami temperamen dominan kita. Hasilnya adalah flegmatik.
2. Aku memang terlalu hemat dlm byk hal jadi buat rencana pemberian biar gak pelit. :-p

3. Mengamati kalau Tuhan memang banyak banget meneguhkanku,waktu bimbang pasti Dia meyakinkan lagi lagi, dan lagi… Kayak Abraham gitu,diyakinkan terus sama Tuhan sehingga imannya dan imanku jadi kuat. Tuhan ga bosen2 mengingatkan akan janji2 Nya. So sweet banget.

4. Mencermati dan merenungkan hidupku selama ini, ternyata memang banyak yang diubahkan Tuhan.
Dulu introvert banget dan cuek abis, males ngobrol kalo di bus atau tempat umum, kan orangnya baru kenal dan ga ketemu lagi, paling hanya setengah jam jadi males ngobrol dan aku lebih sering sms an ato internetan kalo di bus. Sekarang aku jadi lebih bersahabat dan terbuka pada orang2 yang baru kenal.  Akhir2 ini ada seorang tante dan seorang adik setahun di bawahku yang baru kukenal secara terpisah di bus dan tempat makan. Setelah ngobrol setengah jam, mereka bilang kalo udah merasa kenal aku lama banget gitu, kayak dah akrab. Terus mereka malah jadi curhat2 padaku, aku jadi ikutan sharing2 juga pada mereka. Bisa saling doain dan menyemangati juga, padahal baru ngobrol setengah jam dan hanya ketemu 1x itu. Kemarin juga habis ngobrol2 sama seorang mbak di bus dan tujuan kami ternyata sama loh,terus kami jalan2 dan ngobrol bareng selama 3 jam. Tuker2an nmr hp juga sama mereka ber3. Aku juga sempat bersaksi sama salah satu diantara mereka. Dan aku percaya perubahan ini semuanya karena Tuhan. How great is our God. ^_^

5. Slalu inget kalau manusia itu gak ada yang sempurna,daripada mengomel atas kelemahan2 yg ga jelas gitu, aku memilih untuk bersyukur atas kelebihan2 yg kupunya dan atas kuasa Roh Kudus yg bekerja di dalamku+mengubahkan aku. Tiap hari waktu aku saat teduh, aku juga mohon Tuhan penuhi aku dengan buah Roh dan biar hanya kuasa Nya aja yang bisa bekerja dalam hidup+matiku.

Buku ini silakan di browsing sendiri potonya ya...yg jelas bagus bgt...

Btw anyway on the bus way...
:-p
Aku mau bahas nih ttg temperamen...
Nah 2 mgu lalu ada persek Perkantas ttg temperamen juga...
Jadi intinya kita tdk perlu memaksakan diri untuk jadi tempermen lain...
Namun memanfaatkan temperamen yg kita miliki untuk memuliakan Tuhan dan membangun sesama...
Msh inget orang yg kuceritakan di temperamen itu, yg aku pertama kali ketemu di bus terus ternyata tempat tujuan kita sama itu lo? Ya emg kita cuma ketemu 1x itu doank...tp tuker2an nmr hp...
Dia tu sekarang malah jadi yang perhatian,sering nanya2 ttg gimana pekerjaan baruku...
Wkt aku galau milih antara 3 tempat yg udah menerimaku itu dia juga doain dan sms...
Nah lihat kan, meski kita ketemunya cm 1x tp kita bisa berteman lama dr Juli sampai skarang...
Kita saling doain pergumulan juga...
Dia yg plg sering kontak aku diantara smua org yg cuma ketemu 1x doank ma aku+tuker2an nmr hp...
Bersyukur Tuhan mempertemukanku dgn dia, bs slg mendoakan dan menyemangati...

Kalo kalian mengamati,aku mencarikan posisi admin di solo buat seseorang d fb, ya itulah temanku ini...
Tlg hubungi aku ya kalau tahu ada lowongan admin...Coz aku dah memberi info ttg bbrp lowongan dan dia juga udah lamar di bbrp tempat, tp blum dipanggil2...Intinya aku paling gak rela kalo temenku sedih...
Slain doa, perlu perjuangan juga...Ora et labora...Never give up...
^_^.Arigatoo+GBU....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar