Pages

Translate

Jumat, 13 November 2015

Menjaga Ciptaan Tuhan

Tulisanku ini sudah pernah kutulis d kompasaiana ku..m.kompasiana.com/priskiladewisetyawan

Saat ini aku kembali menulis di Kompasiana. Akhirnya setelah sekian lama. Hehe.. Kali ini aku menulis tentang parenting. Akhir-akhir ini, kekerasan sering terjadi dalam masyarakat.

Beberapa waktu lalu, aku mengikuti seminar parenting dengan pembicara ibu Bunga dari sebuah Yayasan. Bagaimana dengan kekerasan seksual pada anak, apakah kita akan membiarkannya begitu saja? Apa karena seks masih dianggap tabu lalu kita diam membisu sementara anak-anak juga terpaku diperlakukan tak senonoh tanpa mengetahui perlakuan tersebut adalah kriminalitas?

Bagaimana cara memberitahukan pada anak untuk menjaga bagian tubuhnya?

- Tubuh adalah ciptaan Tuhan yang sangat berharga jadi tidak boleh sembarangan. Sembarangan sama dengan menghina Pencipta kita.

- Tidak boleh menyentuh bagian tubuh pribadi orang lain termasuk mulut, dada, pantat, dan alat kelamin dengan apapun termasuk mulutmu.

- Tidak boleh membiarkan orang lain menyentuh bagian tubuh pribadimu termasuk mulut, dada, pantat, dan alat kelamin dengan media apapun.

- Tidak boleh menonton/membiarkan orang lain merekam foto/video orang tanpa memakai baju

- Orang tak dikenal yang memintamu membuka baju tidak perlu dituruti

Jika salah satunya dilanggar, segera laporkan pada orang dewasa yang bisa dipercaya.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan password pada anak saat menjemputnya di sekolah. Jadi kalau ada penculik, anak langsung teriak karena tidak sesuai password. Katakan juga pada anak untuk tidak menerima pemberian orang tak dikenal karena hal itu berbahaya.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar